Apabila Anda tidak mengelola waktu dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan mencapai tujuan yang direncanakan.
Tidak peduli siapa Anda, usia, pendapatan, jenis kelamin, ras atau agama Anda, Anda memiliki jumlah waktu yang sama dengan orang lain.
Apakah Anda kaya raya atau tidak, waktu yang dimiliki tetaplah sama. Tentunya, ini bukan tentang berapa banyak waktu yang Anda miliki, namun tentang seberapa efektif Anda mengatur waktu.
Jadi jika Anda serius ingin mencapai tujuan Anda, cobalah untuk mengatur manajemen waktu yang dimiliki menjadi lebih efektif. Bagaimana caranya?
1. Buat Daftar Tugas
Buat daftar tugas. Tuliskan semua tugas kamu, serta semua yang ingin kamu selesaikan untuk hari / minggu, atau simpan daftar tugas yang harus kamu selesaikan. Daftar tugas adalah alat produktivitas yang sudah terbukti benar, tetapi hanya berfungsi jika kamu menggunakannya dengan benar.
- Jangan biarkan diri kamu diintimidasi oleh atau terganggu oleh daftar tugas kamu. Jika kamu menghabiskan seluruh waktu untuk memikirkan hal-hal yang perlu kamu masukkan dalam daftar, itu bisa sama buruknya dengan tidak menyimpannya sama sekali. Cobalah untuk membuat daftar tugas kamu dalam satu kesempatan dan jangan biarkan diri kamu menambahkannya sepanjang hari kecuali kamu harus melakukannya.
2. Membuat Rencana
Membuat rencana. Cari tahu hal-hal apa saja dalam daftar yang bisa kamu selesaikan dengan wajar, dan putuskan urutan apa yang akan kamu lakukan. Jika kamu bisa, buat jadwal untuk hari itu termasuk kapan kamu akan mengerjakan setiap tugas dan kapan kamu akan pergi. berhenti makan atau istirahat.
- Ketahuilah bahwa tugas seringkali membutuhkan waktu lebih atau kurang dari yang diharapkan. Jangan menyalahkan diri sendiri karena hal ini, dan jangan biarkan seluruh rencana Anda rusak. Jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, lakukan yang terbaik untuk menyesuaikan jadwal kamu dan lanjutkan dengan pekerjaan yang bisa kamu lakukan.
3. Menentukan Tujuan
Menentukan tujuan. Baik membersihkan, belajar atau bekerja, tetapkan tujuan yang masuk akal tetapi menantang untuk seberapa banyak kamu akan menulis, membaca, atau membuat dalam sehari. Jangan biarkan diri kamu berhenti sampai kamu mencapai jumlah itu. Cobalah bersikap positif tentang tujuan kamu dan jangan biarkan mereka mengintimidasi kamu. Ketahuilah bahwa kamu dapat mencapainya jika kamu tetap fokus.
- Pertimbangkan untuk membuat hadiah atau hukuman untuk diri sendiri di sekitar tujuan kamu. Berjanji untuk memperlakukan diri sendiri dengan sesuatu yang kamu inginkan jika kamu berhasil. Mengancam diri kamu dengan konsekuensi yang tidak diinginkan, seperti menyumbangkan uang untuk tujuan yang tidak kMu setujui. Ini bekerja paling baik jika kamu bisa menyerahkan kendali atas hadiah atau hukuman kepada teman yang tidak akan melepaskan kembali perjanjian kamu.
4. Perhatikan Efektivitas
Perhatikan efektivitas kamu. Jangan terjebak memikirkan seberapa produktif atau tidak produktifnya kamu saat ini, tetapi kemudian renungkan seberapa baik kamu tetap fokus, seberapa banyak kamu terjebak dalam rencana kamu, seberapa akurat waktu jadwal kamu. Catat masalah yang tidak terduga atau gangguan pada alur kerja kamu dan pikirkan apa yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan waktu berikutnya.
- Pertimbangkan untuk membuat jurnal untuk mencatat apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil pada akhir setiap hari.
5. Atasi Satu Hal Dalam Satu Waktu
Atasi satu hal dalam satu waktu. Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa multitasking dapat membuat kamu lebih produktif. Yang benar adalah kita hanya dapat benar-benar melakukan satu hal pada satu waktu, dan ketika kita mencoba melakukan multitask, kita hanya bolak-balik di antara berbagai proyek. Setiap kali kamu beralih, kamu kehilangan waktu dan fokus. Agar benar-benar produktif, pilih satu tugas dan kerjakan sampai selesai, kemudian beralih ke yang lain.
#tipsandtrick #productive #lifestyle
0 comments:
Post a Comment